:: Hati Sebening Mata Air ::

0201Hati Sebening Mata Air, oleh Amru Khalid.

Hati adalah raja. Seluruh organ tubuh lainnya, bak pasukan yang patuh dan setia menanti titahnya. Ke mana organ tubuh hendak bergerak, dapat ditebak dari bagaimana kondisi hati. Dengan fitrah yang dimilikinya, manusia menginginkan hati yang sehat (qalbun salim). Suatu kondisi hati yang membuatnya mampu menembus pintu langit dan terbebas dari noktah-noktah kemaksiatan. Itulah istimewanya hati.

Masalahnya, bagaimana mencapai kondisi hati seperti itu? Terlebih, ritme kehidupan yang kita jalani sehari-hari kurang memberi porsi seimbang untuk merawat hati. Di saat yang sama, setan selalu berusaha membenamkannya ke dalam lumpur kemaksiatan sedalam-dalamnya. Dus, sulitkah memiliki hati yang sehat?

Karenanya, berbagai kajian pun digelar, acara-acara dilaksanakan baik secara langsung, maupun melalui media cetak dan elektronik. Kita pun mengenal adanya genre kajian yang mencoba berspesialisasi pada masalah hati, yang kian hari jumlahnya semakin bertambah bak cendawan di musim hujan. Di sana ada kajian Manajemen Qalbu, ada ESQ Training, Tombo Ati sampai dengan klub-klub meditasi. Tapi secara jelas, Islam memberikan porsi yang cukup besar dalam masalah, merawat, membersihkan dan mengelola kondisi hati.

Hadir dengan refleksi-refleksi menyejukkan khasnya, Amru Khalid, sang penulis mencoba menepis anggapan sulitnya menjaga kondisi hati. Istimewanya, selain di dukung oleh beragam dalil baik dari Al-Qur’an maupun Sunnah Nabi, buku ini mendudukkan diri sebagai penasehat yang bijaksana. Sapaan dan renungan yang disampaikan menggambarkan betapa Penulis sangat memahami kondisi kita hari ini yang belepotan maksiat. Ia tak menuntut perubahan yang diametral dan dramatis. Sebaliknya, justru menawarkan tips-tips yang memudahkan kita untuk memperbaiki kondisi hati secara bertahap.

Kekuatan buku ini selain pada metode diatas, juga didukung penguasaan penulis yang sempurna terhadap dalil dan kemampuan menjelaskannya dengan bahasa yang ringan, menggelitik, namun tepat sasaran, menjadikan buku ini bertabur hal-hal yang baru dan menakjubkan. Seperti ketika menguraikan Asma’ul Husna, yang ternyata menjadi bukti kecintaan Allah terhadap hamba-hamba-Nya.

Bagaimana alurnya? Mari kita semak bersama!

Advertisements

One thought on “:: Hati Sebening Mata Air ::

  1. Subhanallah…

    Buku yang mempunyai 264 muka surat ini amat memberikan kesan yang mendalam kepada pembacanya, khususnya, saya sendiri. Dengan bahasanya yang mudah lagi menyentuh jiwa, dan diselitkan dengan berbagai dalil yang beraneka (dari Al-Qur’an, Hadith, dan sirah2)… Penulis sememangnya ‘arif benar dalam ‘management’ qalbu! Subhanallah..

    Suka untuk saya kongsikan di sini, antara perkara2 yang disentuh baik dalam buku yang judul asalnya ialah ‘Islaahul Quluub’ ini:

    1. IKHLAS – Ikhlas adalah rahsia di antara Allah dan hambaNya. Ia tiada diketahui malaikat, sehingga tiada kuasa menuliskannya. Tiada pula diketahui syaitan, hingga ia tiada kuasa merosakkanya…

    2. RIYA’ – Salah satu ‘maksiat’ hati, perasaan ingin dilihat manusia…

    3. TAUBAT – Kembali.

    4. TAWAKAL – Puncak tawakal pada Allah: Istikharah.

    5. CINTA HAMBA PADA ALLAH – Proove it!!

    6. CINTA ALLAH PADA HAMBANYA – Sungguh aneh. Bagaimana ‘Sang Tuan’ bisa mencintai ‘hambanya’.. Tapi itulah Allah, Dia Yang Satu..

    7. TANDA2 CINTA ALLAH PADA HAMBANYA – Ada tujuh kesemuanya (yang dibincangkan dalam buku ini). Analisis!

    8. MENGENDALIKAN DIRI – Kenali jiwa, kawali nafsu..

    9. JALAN MENUJU SYURGA – Firman Allah: “Aku telah mempersiapkan syurga bagi hamba2Ku yang soleh apa yang mata belum pernah melihat, telinga belum pernah mendengar, dan tidak terdetik dalam hati manusia..” (HR Bukhari dan Muslim)

    10. TAKUT KEPADA ALLAH – “Yaa ayyuhallaziina amanuttaqullaaha haqqo tuqotih…” [3:102]

    Setiap bab disusuli dengan sirah2 yang berkaitan dengan bab tersebut agar kita bisa mengambil ‘ibrah dan mencontohinya. Sungguh menarik.

    *Kepada yang berminat dan tertanya2 di mana anda boleh mendapatkan buku ini, anda boleh cuba untuk berkunjung ke kedai buku Fajar Ilmu Baru Ent, di tingkat 2 Wisma Yakin yang berhampiran dengan Masjid India di KL (di sinilah saya membeli buku ini.. Saya tak pasti kalau2 ada dijual di kedai buku yang lain~)
    Baru2 ini (2 Jan yang lalu, kalau tak silap) saya ada ke kedai buku Fajar Ilmu Baru ni. Dan saya telah terbaca satu lagi buku karangan Amru Khalid (maaf, saya tak ingat apa tajuknya). Kandungan buku tersebut lebih kurang dengan buku Hati Sebening Mata Air ini. Saya tak pasti kalau2 ada penambahan di mana2. Mungkin juga buku itu adalah buku Hati Sebening Mata Air yang telah diperbaharui.. Saya tak pasti~
    Apa pun, selamat membaca buku ini dan selamat mengurus hati, insyaAllah biiznillah~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s